Cari Blog Ini

Rabu, 29 September 2010

Mengatasi Insomnia

Sulit tidur atau insomnia dapat merusak kehidupan. Karena hal itu kita tidak dapat mengerjakan sesuatu dengan konsentrasi penuh disiang hari akibat kelelahan yang diakibatkan insomnia tersebut. Pola hidup sehat haruslah selalu diterapkan agar dapat mencegah perilaku insomnia tersebut

Dalam blog ini saya akan memberikan kiat-kiat untuk mengatasi insomnia. Karena blog ini terbilang baru maaf bila banyak yang janggal dalam blog ini.

langsung saja ke topik pembicaraan.

Kiat-kiatnya adalah sbb :

1. Ambil posisi tidur telentang yang paling nyaman,
2. Pejamkan mata dengan pelan tidak perlu dipaksakan sehingga tidak ada ketegangan otot sekitar mata
3. Lemaskan semua otot. Mulailah dengan kaki, kemudian betis, paha dan perut. Gerakkan bahu beberapa kali sehingga tercapai kondisi yang lebih relaks
4. Perhatikan pernapasan. Bernapaslah dengan lambat dan wajar, dan ucapkan dalam hati frase atau kata yang digunakan sebagai contoh anda menggunakan frase yaa Allah. Pada saat mengambil nafas sertai dengan mengucapkan kata yaa dalam hati, setelah selesai keluarkan nafas dengan mengucapkan Allah dalam hati. Sambil terus melakukan no 4, lemaskan seluruh tubuh disertai dengan sikap pasrah kepada Allah. Sikap ini mengambarkan sikap pasif yang diperlukan dalam relaksasi, dari sikap pasif akan muncul efek relaksasi ketenangan.

Semoga dengan cara mengatasi insomnia diatas dapat menjadikan kita terbebas dari insomnia sehingga tubuh kembali siap untuk beraktivitas kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar