Cari Blog Ini

Selasa, 12 Oktober 2010

Komponen Pembelajaran 3


Komponen Lingkungan PembelajaranPDFPrintE-mail
Written by Administrator   
Dalam setiap proses pembelajaran, selalu akan ada empat komponen penting yang saling terkait satu sama lain. Empat komponen penting itu adalah :
einstein
  1. KURIKULUM
    • Materi yang akan diajarkan.
  2. PROSES
    • Bagaimana materi diajarkan.
  3. FASILITAS
    • Sarana & prasana pendukung.
  4. PRODUK
    • Hasil dari proses pembelajaran
Keempat aspek ini sama pentingnya karena merupakan satu kesatuan yang membentuk lingkungan pembelajaran. Satu kesenjangan yang selama ini kita rasakan dan alami adalah kurangnya pendekatan yang benar dan efektif dalam menjalankan proses pembelajaran.
Selama ini kita hanya terpaku pada materi dan hasil pembelajaran. Kita terlalu sibuk dalam menetapkan tujuan yang ingin dicapai, lalu kita menyusun materi apa saja yang dirasa perlu diajarkan. Namun sering kali kita lupa bahwa dibutuhkan satu proses tersendiri untuk bisa menjembatani antara kurikulum dan hasil pembelajaran.
X-KIDS memang berbeda dari apa yang selama ini anda lihat. Bila kita mengamati proses pembelajaran yang selama ini terjadi, dengan jelas bahwa metode kuno atau konvensional yang telah digunakan selama ini. Apa maksudnya ? Kita tahu bahwa sebagai manusia kita tidak hanya terdiri dari tubuh fisik. Manusia terdiri dari badan dan batin. Batin sendiri terdiri dari empat komponen yaitu pikiran, ingatan, perasaan, dan kesadaran. Agar proses pembelajaran bisa berhasil dengan maksimal, kita harus mengakomodasi kedua aspek ini, yaitu badan dan batin.
Apa yang ditawarkan oleh X-KIDS adalah system yang terancang dengan satu jalinan yang sangat efisien yang meliputi diri anak didik, guru, proses pembelajaran dan lingkungan pembelajaran. Dalam pembelajaran di X-KIDS kita menempatkan anak sebagai pusat dari proses pembelajaran, sebagai subyek pendidikan. Bukan seperti selama ini, anak didik sebagai obyek pendidikan. Proses pembelajaran terbaik yang dapat kita berikan kepada anak didik adalah suatu proses pembelajaran yang diawali dengan menggali dan mengerti kebutuhan anak didik.
"Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, adalah orang yang tidak pernah mencoba sesuatu yang baru." [Albert Einstein]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar